Rab. Mei 22nd, 2024

Kepolisian memperketat titik-titik pos penyekatan PPKM di pelbagai wilayah di DKI Jakarta untuk mencegah massa demo bertajuk ‘Jokowi End Game’ lolos ke titik aksi di Istana Negara.

“Ya, betul sekali [diperketat]. Jadi untuk penyekatan kita, seperti di pos Bassura, Fatmawati, di Kalideres, tentunya ini akan kita lebih intensifkan lagi,” kata Kepala Bagian Operasional Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Dermawan Karosekali, Sabtu (24/7). Dermawan menyatakan bahwa pihaknya akan memeriksa secara ketat para pengendara yang melintas, hendak bekerja di sektor kritikal dan esensial atau tidak. Jika tidak, ia memastikan petugas akan menyuruh para pengendara yang tak berkepentingan untuk putar balik. “Apabila ada orang yang tidak berkepentingan atau hanya ingin jalan-jalan, akan kami putar balik,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dermawan mewanti-wanti agar massa mengurungkan niatnya menggelar aksi demonstrasi pada hari ini mengingat Jakarta masih menerapkan kebijakan PPKM level 4 untuk mencegah penularan Covid-19. Ia menyatakan pihaknya juga tengah melakukan penutupan arus lalu lintas di sekitar Istana Negara untuk mencegah kehadiran demonstran. “Penutupan arus dari arah Bundaran HI menuju Istana kami sekat dengan MCB dan barier. Kemudian di depan Pertamina juga kami sekat dengan MCB dan barier serta di Harmoni,” katanya. Ia kemudian berkata, “Jadi tiap yang akan melaksanakan aksi di sini akan segera kami imbau untuk membubarkan diri.”

By Anna